Sabtu, 19 Agustus 2017

KURIKULUM

BAB I
PROFIL LEMBAGA


A. Profil Satuan Lembaga
1.    Nama Sekolah                           :  KB Mentari    
2.    Status Sekolah                           :  Swasta
3.    NPSN                                       :   69836727
4.    Metode Pembelajaran yang digunakan   :            SENTRA
5.    Tanggal/Bulan/Tahun Berdiri   13 Maret 2006
6.    Alamat Satuan PAUD     Jalan   : Jl. Turi No 17
                               RT/RW/Dusun : 034 / 007
                    Desa/Kelurahan : Oro-Oro Ombo
                          Kecamatan : Kartoharjo
                             Kabupaten/Kota : Kota Madiun
                              Provinsi : Jawa Timur
                            Kode Pos : 63115
                        No. Telp/HP : 081335164215
7.    Data Rekening Bank atas nama lembaga/Satuan PAUD
(atas nama Lembaga PAUD)
a.    Nama Bank                  : Bank BRI  Unit Perintis Kemerdekaan
b.    Nomor Rekening            : 3885 – 01 – 011046 – 53 – 1
c.    Nama Rekening             : Pendidikan Anak Usia Dini Mentari
d.    Nama Bank                  : Bank JATIM
e.    Nomor Rekening           : 0052146127
f.     Nama Rekening             : PAUD MENTARI
8.    NPWP atas nama lembaga/Satuan PAUD
a.    Nomor di NPWP                 : 02.586.399.4-621.000
b.    Nama di NPWP                  : Yay Lembaga Pendidikan PAUD MENTARI
9.    Perijinan Satuan PAUD
a.    Nomor                                       : 421.9-401.104/751/2006
b.    Tanggal                            : 10 Oktober 2006
c.    Diterbitkan oleh                 : WaliKota Madiun
d.    Masa Berlaku                     :10 Oktober 2009
e.    Diperpanjang lagi 10 Oktober 2009 s/d 10 Oktober 2012
f.     Diterbitkan oleh                 : Kepala DIKBUDMUDORA Kota Madiun
g.    Diperpanjang lagi 10 Oktober 2012 s/d 09 Oktober 2016
h.    Diterbitkan oleh                 : Kepala DIKBUDMUDORA Kota Madiun
10. Nama Pengelola                     :  Yulianti Karyaningrum
11. Alamat Pengelola                    :   Jl. Menur No. 18
12. Jumlah Rombel Kel A              :   1
13. Jumlah Rombel Kel B              :   -
14. Jumlah Rombel Seluruhnya       :   1
15. Jumlah Siswa Pendaftar Baru    :  14
16. Jumlah siswa seluruhnya          :   18
17. Jumlah siswa berdasarkan umur    : 2-3 th   = -       3-4 th  =    13
                                             4-5 th     =  5      5-6 th  =     -
18. Jumlah guru seluruhnya           :   4
19. Guru PNS                              :   -
20. Guru Non PNS                        :   4  Non PNS Sertifikasi     :   - 
21. Pendidikan guru
a.    Pendidikan S1                  :   1
b.    Pendidikan D3                  :   -
c.    Pendidikan D2                  :   -
d.    Pendidikan D1                  :   -
e.    Pendidikan SLTA               :   3
22. Jumlah tenaga non kependidikan
a.    Pendidikan Terakhir           :   -

B.  Sejarah Singkat Satuan Lembaga
                PAUD Mentari berdiri pada 13 Maret 2006 jika menurut akte Notaris pada tanggal 12 Oktober 2006  dengan jumlah murid yang lumayan karena sebagai pemula maka,kami perlu penyesuaian diri yang mana Pendiri serta Pengelola adalah ibu kami Almarhumah Ny Karbini Soejoto.Kami beri nama POS PAUD Mentari karena tempat kami juga digunakan sebagai POSYANDU ( Pos Pelayanan Terpadu ) juga BKB ( Bina Keluarga Balita )yang kedepannya kata ibu kami bisa menjadikan anak-anak yang berkualitas,yang dapat menyinari ayah,bunda,agama serta bangsa bak Mentari yang selalu menyinari bumi setiap pagi.
            Pada bulan Agustus 2007 POS PAUD Mentari telah kehilangan sosok seorang ibu dan digantikan oleh putrinya yaitu Ny Yulianti Karyaningrum sampai sekarang.Seiring berjalannya waktu murid yang ada di POS PAUD Mentari semakin bertambah.Semoga dari tahun ke tahun bisa menetaskan anak-anak yang memiliki iman, ketrampilan, kecerdasan,kepribadian yang mantab dan mandiri untuk bisa melanjutkan ke jenjang sekolah dasar yang mana anak merupakan buah hati yang sangat kita harapkan sebagai generasi penerus dimasa mendatang,untuk melanjutkan cita-cita bangsa.Anggapan bahwa pendidikan baru dimulai setelah usia sekolah dasar (7 tahun) ternyata tidak benar.Bahkan pendidikan yang dimulai pd usia Taman Kanak-Kanak (4-5 tahun),pun sebenarnya terlambat.
            Saat ini sesuai dengan NPSN dan perijinan maka POS PAUD Mentari menjadiKB Mentari  menempati gedung milik Keluarga yang beralamatkan  di Jl. Turi No. 17 Kota Madiun. KB Mentari berdiri diatas tanah seluas ± 300 m2, dengan luas bangunan seluruhnya ± 102 m2KB Mentari memiliki lokasi yang strategis, aman dan nyaman untuk anak-anak karena mempunyai halaman yang luas dengan pepohonan yang rindang, teduh, bersih dan indah sehingga menjadikan KB Mentari menjadi sekolah Sehat dan Bersih.  Hal ini didukung oleh tenaga pendidik yang berpengalaman dan telah mempunyai sertifikat pendidik. 

C.   Alamat dan Peta Lokasi Lembaga
Nama Lembaga                :   KB Mentari
Alamat                            :   Jl. Turi No. 17
Telepon/HP                     :   - / 081335164215
Email                              :   paudmentari15@yahoo.co.id
Nama Kepala Sekolah        :   Yulianti Karyaningrum
Tahun Berdiri                   :   2006

D.   Status Satuan Lembaga PAUD
Nama Lembaga                :   KB Mentari
Status                             :   Swasta
Surat Ijin Operasional Lembaga
-          Nomor                       :   421.9-401.104/751/2006
-          Diterbitkan oleh           :   Wali Kota Madiun
-          Diperpanjang oleh Dinas Pendidikan,Kebudayaan,Pemuda dan Olahraga
-          NPWP                        :   02.586.399.4-621.000
Akte notaris
-          Nomor                       :   13
-          Tanggal                           : 10 Mei 2007
-          Ditandangani oleh           : Sulastri,SH
-          Tanggal berdiri            : 13 Maret 2006
-          Alamat                       : Jl. Turi No. 17 Madiun
-          Nomor Telepon           :- /081335164215
-          Email                         : paudmentari15@yahoo.co.id
-          Blogg                         : KB MENTARI
-          NPSN                         : 69836727



BAB II
DOKUMEN I

A.   PENDAHULUAN
1.   Latar Belakang
Pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mengemban fungsi tersebut pemerintah menyelenggarakan suatu sistem pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu dan relevansi serta efisiensi manajemen pendidikan. Pemerataan kesempatan diwujudkan dalam program wajib belajar 12 tahun. Peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olah hati, olah pikir, olah rasa dan olah raga agar memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan global. Peningkatan relevansi dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan berbasis potensi sumber daya alam Indonesia. Peningkatan efisiensi manajemen pendidikan dilakukan melalui penerapan manejemen berbasis sekolah dan pembaruan pengelolaan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan.
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan ajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai pendidikan tertentu.
Sedangkan pengembangan program pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk mengoptimalkan perkembangan anak. Program pembelajaran mencakup perencanaan, pendekatan dan strategi pembelajaran, serta penilaian yang disusun secara sistematis.
Oleh karena itu, pengembangan Program pembelajaran merupakan salah satu bagian penting dalam proses pendidikan.
Program pembelajaran disusun dan dikembangkan untuk mengembangkan seluruh potensi anak yang beragam selaras dengan tumbuh kembang anak dengan tetap memperhatikan budaya daerah dan karakter bangsa melalui pembelajaran aktif kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM).
Silabus adalah seperangkat rencana dan pengaturan kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, penilaian, proses dan hasil pencapaian perkembangan silabus terdiri dari :
1.    Program Tahunan
Program tahunan disusun oleh lembaga berisi tentang rencana kegiatan yang mendukung kegiatan anak, yang akan dilaksanakan dari awal tahun ajaran hingga akhir tahun ajaran.  Kegiatan tersebut terdiri dari kegiatan yang menunjang kurikulum (kegiatan mendatangkan nara sumber, mengunjungi tempat yang terkait dengan tema, kegiatan bazaar anak, pentas seni anak, atau lainnya) maupun kegiatan yang ke-orang tuaan/ parenting (pertemuan orang tua, open house, hari keluarga, dan sebagainya). 
2.    Perencanaan Semester
Rencana kegiatan program semester merupakan rencana kegiatan yanmg terkait dengan kegiatan kurikulum dalam rentang satu semester atau setara dengan enam bulanwaktu kalender.  Rencana kegiatan semester setidaknya memuat unsur waktu, tema, sub tema dan kegiatan pendukung.  Contoh penyusunan program semester dituangkan dalam pedoman perencanaan pembelajaran.
3.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM)
RPPM dikembangkan dari kegiatan semester, namun penyajiannya lebih lengkap dan lebih operasional.  Dalam program mingguan sudah diidentifikasi tema dan sub tema, pemetaan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai dalam satu minggu, dan muatan materi yang akan dibangun ke anak serta sejumlah aktivitas bermain sesuai dengan tema dan indikator yang akan dicapai serta penetapan media, alat dan bahan yang akan digunakan.   
4.    Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) adalah unit perencanaan terkecil dibuat untuk digunakan dan memandu kegiatan dalam satu hari.  RPPH disusun berdasarkan RPP Mingguan yang berisi kegiatan-kegiatan yang dipilih dari indikator yang direncanakan untuk satu hari sesuai dengan tema dan sub tema.  Penulisan RPPH disesuaikan dengan model atau pendekatan yang telah ditentukan atau dipilih serta disesuaikan dengan jenis Kegiatan atau metode/ strategi, pada saat pembuatan rencana mingguan
a.    KegiatanPembukaan
Merupakan kegiatan untuk pemanasan dan dilaksanakan secara klasikal. Kegiatan yang dapat dilakukan antara lain, misalnya berdoa/mengucap salam, membicarakan tema atau subtema, dan sebagainya.
b.    Kegiatan Materi Pagi
Merupakan kegiatan yang dapat mengaktifkan perhatian, kemampuan, sosial dan emosional anak .
c.    Istirahat/Makan
Merupakan kegiatan yang digunakan untuk mengisi kemampuan anak yang berkaitan dengan makan, misalnya mengenalkan kesehatan, makanan yang bergizi, tata tertib makan yang diawali dengan cuci tangan kemudian makan dan berdoa sebelum dan sesudah makan. Setelah kegiatan makan selesai, anak melakukan kegiatan bermain dengan alat permainan di luar kelas dengan maksud untuk mengembangkan motorik kasar anak dan bersosialisasi. Kegiatan ini disesuaikan dengan kemauan anak, anak makan kemudian bermain atau sebaliknya anak bermain terlebih dahulu kemudian makan.
d.    Kegiatan Sentra
Merupakan kegiatan belajar melalui bermain yang mana kegiatan ini dapat dicapai melalui kegiatan yang memberi kesempatan pada anak untuk bereksplorasi dan bereksperimen sehingga dapat memunculkan inisiatif, kemandirian dan kreativitas anak, serta kegiatan yang dapat meningkatkan pengertian-pengertian, konsentrasi dan mengembangkan kebiasaan bekerja yang baik yaitu melalui kegiatan yang dapat mengaktifkan perhatian, kemampuan, sosial dan emosional,kognitif,bahasa dan seni pada anak.
e.    Kegiatan Penutup
Merupakan kegiatan penenangan yang dilaksanakan dengan mengajak anak untuk beres-beres. Kegiatan yang dapat diberikan pada kegiatan akhir, misalnya mengulas pelajaran yang hari itu diberikan, men, mendiskusikan tentang kegiatan satu hari atau menginformasikan kegiatan esok hari, menyampaikan pesan moral, menyanyi, berdoa dan sebagainya.
Pada akhirnya Kurikulum Kelompok Bermain Mentari Kota Madiun ini tetap hanya sebuah dokumen, yang akan menjadi kenyataan bahwa apabila terlaksana di lapangan dalam proses pembelajaran yang baik. Pembelajaran, baik di kelas maupun di luar kelas, hendaknya berlangsung secara efektif yang mampu membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak. Dalam hal ini para pelaksana kurikulum (guru) yang akan melaksanakan Kurikulum ini dalam proses pembelajaran. Para pendidik juga hendaknya mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan bagi peserta didik, sehingga peserta didik betah di Kelompok Bermain . Atas dasar kenyataan tersebut, maka pembelajaran di Kelompok Bermain hendaknya bersifat mendidik, mencerdaskan, membangkitkan aktivitas dan kreativitas peserta didik, efektif, demokratis, menyenangkan, dan mengasyikkan. Dengan semangat seperti itulah Kurikulum ini akan menjadi pedoman yang dinamis bagi penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di Kelompok Bermain Mentari Kota Madiun.
2.   Tujuan Penyusunan Kurikulum 2013 PAUD
a.    Memberikan acuan bagi Pengelola dan Pendidik dalam menyusun program layanan, kegiatan pembelajaran dan kegiatan lain yang mendukung pencapaian keberhasilan belajar anak.
b.    Memberikan informasi tentang program layanan PAUD yang diberikan oleh satuan PAUD kepada peserta didik
c.    Dokumen program yang diperlukan untuk pemberian pembinaan agar anak mampu untuk: Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, Belajar hidup bersama dan berguna untuk orang lain, Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses yang aktif, kreatif dan menyenangkan.
3.   Dasar Operasional Penyusunan Kurikulum 2013 PAUD
a.    Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
b.    Peraturan Pemerintah RI no 60 tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif
c.    Peraturan Pemerintah RI no 13 tahun 2015 tentang Perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah RI no 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
d.    Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD
e.    Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum tahun 2013 PAUD
f.     Pedoman penyusunan KTSP Direktorat Pembinaan PAUD tahun 2014
B.   VISI, MISI DAN TUJUAN KB MENTARI

VISI KB MENTARI
               

            Membangun Anak Cerdas,Mandiri,Sehat Dan Berkarakter Sejak Usia Dini

                MISI KB MENTARI      :


1. Membangun akhlak siswa yang Bertaqwa kepada Alloh SWT sejak dini. 
2. Membantu peran serta orang tua dalam mendidik anak.
3. Membangun peserta didik yang berkarakter baik. 
4. Mempersiapkan anak didik untuk masuk ke jenjang pendidikan lebih
    lanjut.



                                                MOTTO KB  MENTARI

“ MEMBERIKAN ANAK YANG BAIK DARI YANG TERBAIK UNTUK MENUJU GENERASI BANGSA YANG BERKARAKTER”
Tujuan  KB MENTARI
Tujuan diselenggarakannya program KB Mentari adalah :
A.   Tujuan Umum
Sebagai Wahana untuk mendidik,membentuk,mengembangkan segala kemampuan yang dimiliki oleh anak usia dini
B.   Tujuan Khusus
Mempersiapkan Anak Usia Dini menuju ke jenjang selanjutnya yang bertujuan agar anak bisa dan mampu mandiri,percaya pada dirinya sendiri serta siap dan mampu menghadapi segala sesuatu ditempat belajar yang baru.

C.  KARAKTERISTIK SATUAN PAUD
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini dirancang dengan karakteristik sebagai berikut:
1.    Mengoptimalkan perkembangan anak yang meliputi: aspek nilai agama dan moral,
fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni yang tercermin dalam keseimbangan kompetensi sikap, pengetahun, dan keterampilan;
2.    Menggunakan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik dalam pemberian
rangsangan pendidikan;
3. Menggunakan penilaian autentik dalam memantau perkembangan anak; dan
4.  Memberdayakan peran orang tua dalam proses pembelajaran.



D. STRUKTUR  DAN MUATAN KURIKULUM
1.   Struktur  Kurikulum
Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pengorganisasian Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, muatan pembelajaran, program pengembangan, dan beban belajar.
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan (STPP)
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi perkembangan anak yang mencakup aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni.
a.    Nilai-nilai agama dan moral, meliputi:
Mengenal agama yang dianut, mengerjakan ibadah, berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, sportif, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengetahui hari besar agama, dan menghormati (toleransi) agama orang lain.
b.    Fisik Motorik, meliputi:
-          Motorik Kasar: memiliki kemampuan  gerakan tubuh secara terkoordinasi, lentur, seimbang, dan lincah dan mengikuti aturan.
-          Motorik Halus: memiliki kemampuan menggunakan alat untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan diri dalam berbagai bentuk.
-          Kesehatan dan Perilaku Keselamatan: memiliki berat badan, tinggi badan, lingkar kepala sesuai usia serta memiliki kemampuan untuk berperilaku hidup bersih, sehat, dan peduli terhadap keselamatannya.
c.    Kognitif, meliputi:
-          Belajar dan Pemecahan Masalah: mampu memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang fleksibel dan diterima sosial dan menerapkan pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru.
-          Berfikir logis: mengenal berbagai perbedaan, klasifikasi, pola, berinisiatif, berencana, dan mengenal sebab akibat.
-          Berfikir simbolik: mengenal, menyebutkan, dan menggunakan lambang bilangan 1-10, mengenal abjad,  serta  mampu merepresentasikan berbagai benda dalam bentuk gambar.
d.    Bahasa, meliputi:
-          Memahami (reseptif) bahasa: memahami cerita, perintah, aturan, dan menyenangi serta menghargai bacaan.
-          Mengekspresikan Bahasa: mampu bertanya, menjawab pertanyaan, berkomunikasi secara lisan, menceritakan kembali apa yang diketahui
-          Keaksaraan: memahami hubungan bentuk  dan bunyi huruf, meniru bentuk huruf, serta memahami kata dalam cerita
e.    Sosial-emosional, meliputi:
-          Kesadaran diri: memperlihatkan kemampuan diri,  mengenal perasaan sendiri dan mengendalikan diri, serta mampu menyesuaian diri dengan orang lain
-          Rasa Tanggung Jawab untuk Diri dan Orang lain: mengetahui  hak-haknya, mentaati aturan, mengatur diri sendiri, serta bertanggung jawab atas perilakunya untuk kebaikan sesama.
-          Perilaku Prososial: mampu bermain dengan teman sebaya, memahami perasaan, merespon, berbagi, serta menghargai hak dan pendapat orang lain; bersikap kooperatif, toleran, dan berperilaku sopan.  
f.     Seni, meliputi: mengeksplorasi dan mengekspresikan diri, berimaginasi dengan gerakan, musik, drama, dan beragam bidang seni lainnya (seni lukis, seni rupa, kerajinan), serta mampu mengapresiasi  karya seni.

Kompetensi Inti
Kompetensi Inti (KI) pada Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai STPP yang harus dimiliki peserta didik PAUD pada usia 6 tahun. Jadi Kompetensi Inti merupakan operasionalisasi dari STPP dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki anak dengan berbagai kegiatan pembelajaran melalui bermain yang dilakukan di satuan PAUD. Kualitas tersebut berisi gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Secara terstruktur kompetensi inti dimaksud mencakup:
1.          Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
2.          Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
3.          Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4.          Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Rumusan kualitas masing-masing kompetensi inti yang harus dimiliki peserta didik terurai pada tabel di bawah ini.

KOMPETENSI  INTI
KI-1
Menerima ajaran agama yang dianutnya
KI-2
Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
KI-3
Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan,dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain
KI-4
Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan,dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini berisikan kemampuan dan muatan pembelajaran untuk suatu tema pembelajaran pada PAUD yang mengacu pada Kompetensi Inti.Kompetensi Dasar dikembangkan berdasarkan pada prinsip akumulatif, saling memperkuat dan memperkaya antar program pengembangan. Dalam merumuskan Kompetensi Dasar juga memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu program pengembangan yang hendak dikembangkan.
Kompetensi Dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan kompetensi inti sebagai berikut:
1.        Kelompok1:kelompok Kompetensi Dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1
2.        Kelompok 2: kelompok Kompetensi Dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2
3.        Kelompok 3: kelompok Kompetensi Dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3
4.        Kelompok 4: kelompok Kompetensi Dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.
Uraian dari setiap Kompetensi Dasar untuk setiap kompetensi inti adalah sebagai berikut.




KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
KI-1. Menerima ajaran agama yang dianutnya
1.1.      Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
1.2.      Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
KI-2. Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
2.1.      Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat

2.2.      Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu

2.3.      Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif

2.4.      Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis

2.5.      Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri

2.6.      Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan

2.7.      Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan

2.8.      Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian

2.9.      Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya

2.10.    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerjasama

2.11.    Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri

2.12.    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur

2.13.    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun kepada orang tua, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman

KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUDdengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/ mengasosiasikan, dan mengkomunikasi-kan melalui kegiatan bermain
3.1.     Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari

3.2.     Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia

3.3.     Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus

3.4.     Mengetahui cara hidup sehat

3.5.     Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif

3.6.     Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya)

3.7.     Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,  budaya, transportasi)

3.8.     Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)

3.9.     Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)

3.10.  Memahami bahasa  reseptif (menyimak dan membaca)

3.11.  Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12.  Mengenal keaksaraan awal melalui  bermain

3.13.  Mengenal emosi diri dan orang lain

3.14.  Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
3.15.  Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
4.1.     Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
4.2.     Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
4.3.     Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
4.4.     Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
4.5.     Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
4.6.     Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
4.7.     Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
4.8.     Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang  lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.9.     Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
4.10.   Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.11.   Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
4.12.   Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
4.13.   Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar
4.14.   Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
4.15.   Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media

Indikator perkembangan
1.   Pengertian
Indikator perkembangan merupakan penanda perkembangan yang lebih spesifik dan terukur pada satu program pengembangan untuk memantau/menilai perkembangan anak. Indikator perkembangan juga merupakan gambaran minimal mengenai ciri-ciri peserta didik yang dianggap telah mencapai kemampuan dasar pada tingkatan usia tertentu. Untuk mempertegas kedudukan indikator, maka indikator perkembangan harus dipahami sebagai berikut.
a.  Indikator perkembangan merupakan kontinum perkembangan dan belajar peserta didik PAUD usia lahir-6 tahun dan dijabarkan berdasarkan kelompok usia.
b.  Indikator perkembangan dirumuskan berdasarkan Kompetensi Dasar (KD).
c.   Indikator perkembangan untuk KD pada KI 3 dan KI 4 menjadi satu untuk memberikan pemahaman bahwa pengetahuan dan keterampilan merupakan dua hal yang menyatu.
2.      Fungsi
Agar lebih tepat dalam memaknai dan menggunakan indikator perkembangan, maka fungsi indikator hendaklah dipahami dengan cermat. Fungsi indikator secara lebih jauh adalah:
a.  Indikator perkembangan menjadi acuan untuk memantau/menilai perkembangan anak sesuai dengan tahapan usianya
b.  Indikator perkembangan tidak dibuat untuk menjadi kegiatan pembelajaran, tetapi menjadi panduan yang digunakan pendidik dan/atau pengasuh dalam melakukan stimulasi dan observasi kemajuan perkembangan peserta didik.
c.   Indikator juga dapat:
·      Memberi inspirasi dalam mengembangkan materi pembelajaran
·      Memberi inspirasi dalam mendesain kegiatan pembelajaran
·      Memberi inspirasi dalam mengembangkan bahan ajar
3.      Rumusan Indikator Perkembangan
Rumusan dan rincian indikator perkembangan anak secara lengkap terlampir (Lihat Dokumen Pemetaan KI, KD dan Indikator Kurikulum 2013 PAUD)


KOMPETENSI INTI, KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK PAUD
KELOMPOK USIA 2-3  KB MENTARI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
KI-1.Menerimaajaranagama yang dianutnya
1.1. Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
1.2. Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar
KI-2. Memiliki perilakuhidup sehat, rasa ingintahu, kreatif dan estetis,percaya diri, disiplin,
mandiri, peduli, mampu
menghargai dan tolerankepada orang lain,mampu menyesuaikan
diri, jujur, rendah hatidan santun dalamberinteraksi dengankeluarga, pendidik, dan teman
2.1.  Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.2.  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.3.  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
2.4.  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
2.5.  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
2.6.  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturansehari-hari untuk melatih kedisiplinan
2.7.  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (maumenunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untukmelatih kedisiplinan.
2.8.  Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
2.9.  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan maumembantu jika diminta bantuannya
2.10.   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain
2.11.   Memiliki perilaku yang dapat menye-suaikan diri
2.12.   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggungjawab
2.13.   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
2.14.   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua, pendidik, dan teman

KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman,pendidik, lingkungan sekitar, agama,teknologi, seni, dan budaya di rumah,tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indera(melihat,mendengar,menghidu,merasa, meraba);menanya;
mengumpulkan informasi; menalar; danmengomunikasikan melalui kegiatan bermain
KI-4. Menunjukkan yang diketahui,dirasakan,dibutuhkan,dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan,dan karya secaraproduktif dan kreatif,
serta mencerminkan
perilaku anak berakhlak mulia
3.1. Mengenal kegiatanberibadah sehari-hari
4.1.  Melakukan kegiatanberibadah sehari-haridengan tuntunan orang dewasa
Ø  Mengucapkan doa-doa pendek,melakukan ibadah sesuai dengan agama nya (misal: doa sebelum memulai dan selesai kegiatan)
Ø  Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya (misal: tidak bohong, tidak berkelahi)
Ø  Menyebutkan hari-hari besar agama
Ø  Menyebutkan tempat ibadah agama lain
Ø  Menceritakan kembali tokohtokoh keagamaan (misal: nabi-nabi)

3.2.Mengenal perilakubaik sebagai cerminanakhlak mulia
4.2.  Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia

Ø  Berperilaku sopan dan peduli melalui perkataan dan perbuatannya secara spontan (misal:mengucapkan maaf, permisi, terima kasih)
Ø  Mau menolong orang tua,pendidik, dan teman


3.3. Mengenal anggotatubuh, fungsi, dan gerakan-nya untuk pengembanganmotorik kasar dan motorik halus
4.3. Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus                           Menggunakananggota tubuh untukpengembanganmotorik kasar dan halus
Ø  Melakukan berbagai gerakan terkoordinasi secara terkontrol seimbang, dan lincah
Ø  Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu melakukan gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan berbagai gerakan yang teratur (misal: senam dan tarian)
Ø   Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu melakukan permainan fisik dengan aturan
Ø  Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu terampil menggunakan tangan kanan dan kiri dalam berbagai aktivitas (misal: mengancing kan baju,menali sepatu, meng- gambar,menempel menggunting, makan)


3.4. Mengetahui carahidup sehat
4.4Mampu menolong dirisendiri untuk hidup sehat
Ø  Melakukan kebiasaan hidup bersih dan sehat (misal: mandi 2x sehari; memakai baju bersih; membuang sampah pada tempatnya)
Ø  Mampu melindungi diri dari percobaan kekerasan, termasuk kekerasan seksual dan bullying (misal dengan berteriak dan/ atau berlari)
Ø  Mampu  menjaga keamanan diri dari benda-benda berbahaya (misal: listrik, pisau, pembasmi serangga)
Ø  Terbiasa mengkonsum-si makanan dan minuman yang bersih, sehat, dan bergizi
Ø  Menggunakan toilet dengan benar tanpa bantuan


3.5. Mengetahui caramemecahkan masalah sehari-hari danberperilaku kreatif
4.5. Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif

Ø  Mampu memecahkan sendiri masalah sederhana yang dihadapi
Ø  Menyelesaikan tugas meskipun menghadapi kesulitan

3.6. Mengenal bendabendadi sekitarnya(nama, warna,  bentuk,ukuran, pola, sifat,suara, tekstur, fungsi,dan ciri-ciri lainnya)
4.6   Menyampai kan tentang apa dan bagaimana bendabendadi sekitar yangdikenalnya (nama,warna, bentuk,ukuran, pola, sifat,suara, tekstur,fungsi, dan ciri-cirilainnya) melaluiberbagai hasil karya
Ø  Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan mengelom-pokkan berbagai benda di lingkungan-nya
berdasar-kan ukuran, pola, fungsi, sifat,suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya
Ø  Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan menghubung-kan satu bendacdengan benda yang lain
Ø  Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan menghubung-kan nama benda dengan tulisan sederhana melalui berbagai aktivitas (misal: menjodohkan, menjiplak, meniru)
Ø  Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda berdasarkan lima seriasi atau lebih, bentuk, ukuran, warna, atau jumlah melalui kegiatan mengurutkan benda
Ø  Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal konsep besarkecil,
banyak-sedikit, panjang-pendek,berat-ringan, tinggi-rendah dengan mengukur menggunakan alat ukur tidak baku


3.7. Mengenal lingkungan sosial (keluarga,teman,tempat tinggal,tempat ibadah,budaya,transportasi)                           Mengenallingkungansosial (keluarga,teman, tempat tinggal,tempat ibadah,budaya, transportasi)
4.7. Menyajikan berbagaikarya yang berhubungan denganlingkungan sosial(keluarga, teman,tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,transportasi) dalambentuk gambar,bercerita, bernyanyi,dan gerak tubuh
Ø  Menyebutkan nama anggota keluarga dan teman serta ciri-ciri khusus mereka secara lebih rinci (warna kulit, warna rambut, jenis rambut, dll)
Ø  Menjelaskan lingkungan sekitarnya secara sederhana
Ø  Menyebutkan arah ke tempat yang sering dikunjungi dan alat transportasi yang digunakan
Ø  Menyebutkan peran-peran dan pekerjaan termasuk didalamnyaperlengkapan/atribut dan tugas-tugas yang dilaku-kan dalam pekerjaan tersebut
Ø  Membuat dan mengikutiaturan


3.8. Mengenal lingkunganalam (hewan,tanaman, cuaca, tanah,air, batu-batuan, dll)
4.8. Menyajikan berbagaikarya yang berhubung-an dengan lingkungan alam(hewan, tanaman,cuaca, tanah, air, batubatuan,dll) dalam bentuk gambar,bercerita, bernyanyi,dan gerak tubuh
Ø  Menceritakan peristiwa-peristiwa alam dengan melaku- kan percobaan sederhana
Ø  Mengungkap-kan hasil karya yang dibuatnya secara lengkap/ utuh yang berhubung -an dengan benda-benda yang ada di lingkungan alam
Ø  Menceritakan perkembang-biakan makhluk hidup


3.9. Mengenal teknologo sederhana(peraslatan rumahtangga,peralatan bermain,peralatan pertukangan,dll)                           Mengenalteknologisederhana (peralatan rumah tangga,peralatan bermain,peralatan pertukangan,dll)
4.9. Menggunakan teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya(peralatan rumahtangga,peralatan bermain ,peralatan pertukangan dll)                           Menggunakanteknologi sederhana untuk menyelesai-kan tugas dan kegiatannya (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukang-an, dll)
Ø  Melakukan kegiatan dengan
menggunakan alat teknologi sederhana sesuai fungsinya secara aman dan bertanggung jawab.
Ø  Membuat alat-alat  sederhana
Ø  Menyebutkan arah ketempat yg sering dikunjungi dan alat transpotasi yg digunakan
Ø  Menyebutkan peran-peran dan pekerjaan termasuk didalamnya perlengkapan/atribut dan tugas-tugas yg dilakukan dalam pekerjaan tersebut
Ø  Membuat alat-alat teknologi sederhana(misal: baling-baling, pesawat pesawatan, kereta-keretaapian, mobilmobilan,telepon-teleponan dengan benang)
Ø  Melakukan proses kerja sesuai dengan prosedurnya (misal: membuat teh dimulai dari menyediakan air panas, teh, gula, dan gelas


3.10.                           Memahami bahasareseptif (menyimak dan membaca)
4.10.                           Menunjuk kankemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
Ø  Menceritakan kembali apa yang didengar dengan kosakata yang lebih
Ø  Melaksana-kan perintah yang lebih kompleks sesuai dengan aturan yang disampaikan (misal: aturan untuk  melakukan kegiatan memasak ikan)


3.11.                           Memahami bahasaekspresif (mengungkapkanbahasa secara verbal dannon verbal)
4.11.                           Menunjuk- kankemampuan berbahasa ekspresif (mengung-kapkanbahasa secara verbal dan non verbal)
Ø  Mengungkap-kan keinginan, perasaan dan pendapat dengan kalimat sederhana dalam berkomuni-kasi dengan anak atau orang dewasa
Ø  Menunjuk- kan perilaku senang membaca buku terhadap buku-buku yang dikenali
Ø  Mengungkap-kan perasaan, ide dengan pilihan kata yang sesuai ketika berkomuni kasi
Ø  Mencerita- kan kembali isi cerita secara sederhana


3.12. Mengenal keaksaraanawal melalui bermain
4.12. Menunjukkankemampuan keaksaraanawal dalam berbagai bentuk karya
Ø  Menunjuk- kan bentuk-bentuk simbol (pra menulis)
Ø  Membuat gambar dengan beberapa coretan/ tulisan yang sudah berbentuk huruf/kata
Ø  Menulis huruf-huruf dari namanya sendiri
Ø  Menyebutkan angka bila diperlihatkan lambang bilangannya
Menyebut- kan jumlah benda dengan cara menghitung

3.13. Mengenal emosi diri dan orang lain
4.13. Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar
Ø  Beradaptasi secara wajar dalam situasi baru
Ø  Mempertahankan hak-haknya untuk melindungi diri

3.14. Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
4.14. Mengung-kapkankebutuhan, keinginan,dan minat diri dengancara yang tepat
Ø  Memilih satu macam dari 3 atau lebih pilihan yang tersedia
Ø  Memilih kegiatan/ benda yang paling sesuai dengan yang dibutuhkan dari beberapa pilihan yang ada

3.15. Mengenal berbagaikarya dan aktivitas seni (*)
4.15.                           Menunjuk- kan karyadan aktivitas seni dengan mengguna-kan berbagai media
Ø  Menghargai penampilan karya seni anak lain (misal dengan bertepuk tangan dan memuji)
Ø  Membuat karya seni sesuai kreativitasnya misal seni musik, visual,gerak dan tari yang dihasilkannya dan dihasilkan orang lain





KOMPETENSI INTI, KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK PAUD
 KELOMPOK USIA 3-4 KB MENTARI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
KI-1. Menerima ajaranagama yang dianutnya
1.1. Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
1.2. Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar
KI-2. Memiliki perilakuhidup sehat, rasa ingintahu, kreatif dan estetis,percaya diri, disiplin,mandiri, peduli, mampumenghargai dan tolerankepada orang lain,mampu menyesuaikandiri, jujur, rendah hatidan santun dalamberinteraksi dengankeluarga, pendidik, dan teman
2.1. Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.2. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.3. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
2.4. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
2.5. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
2.6. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturansehari-hari untuk melatih kedisiplinan
2.7. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (maumenunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untukmelatih kedisiplinan
2.8. Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
2.9. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan maumembantu jika diminta bantuannya
2.10.  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain
2.11. Memiliki perilaku yang dapat menye-suaikan diri
2.12   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggungjawab
2.13. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
2.14.  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua, pendidik, dan teman
KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman,pendidik, lingkungan sekitar, agama,teknologi, seni, dan budaya di rumah,tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indera (melihat,mendengar,menghidu,merasa, meraba);menanya;mengumpulkan informasi; menalar; dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain

KI-4. Menunjukkan yang diketahui,dirasakan,dibutuhkan,dan dipikirkan melaluibahasa, musik, gerakan,dan karya secaraproduktif dan kreatif,serta mencerminkanperilaku anak berakhlak mulia
3.1. Mengenal kegiatanberibadah sehari-hari
4.1. Melakukan kegiatanberibadah sehari-haridengan tuntunan orang dewasa
v  Mulai mengucap- kan doa-doa pendek dan melaku- kan ibadah sesuai dengan  agama yang dianutnya
3.2. Mengenal perilakubaik sebagai cerminanakhlak mulia
4.2. Menunjukkanperilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
v  Bersikap sopan dan peduli melalui perkataan dan perbuatan- nya dengan bimbingan (misal:mengucap- kan maaf, permisi, terima kasih
v  Mulai menunjuk-kan sikap mau menolong orang tua, pendidik, dan teman


3.3. Mengenal anggotatubuh, fungsi, dan gerakan-nya untuk pengembanganmotorik kasar dan motorik halus
4.3. Menggunakananggota tubuh untukpengembanganmotorik kasar dan halus
v  Melakukan berbagai kegiatan motorik kasar dan halus yang seimbang terkontrol dan lincah
v  Melakukan kegiatan yang menunjuk-kan anak mampu melakukan gerakan bergelayutan(berkibar)
v  Melakukan kegiatan yang menunjuk-kan anak mampu melakukan gerakan melompat meloncat, dan berlari secara terkoordinasi
v  Melakukan kegiatan yang menunjuk-kan anak mampu melempar sesuatu secara terarah
v  Melakukan kegiatan yang menunjuk-kan anak mampu menangkap bola dengan tepat
v  Melakukan kegiatan yang menunjuk-kan anak mampu melakukan gerakan antisipasi (misal: permainan lempar bola)
v  Melakukan kegiatan yang menunjuk-kan anak mampu menendang
bola secara terarah
v  Melakukan kegiatan yang menunjuk-kan anak mampu memanfaatkan alat permainan di dalam dan luar ruang
v  Melakukan kegiatan yg menunjukkan anak mampu menggunakan anggota badan untuk melakukan gerakan halus yg terkontrol       (mis:meronce)


3.4. Mengetahui carahidup sehat
4.4. Mampu menolong dirisendiri untuk hidup sehat
v  Mulai terbiasa melakukan hidup
bersih dan sehat
v  Melakukan kegiatan yangmenunjuk-kan anak mampu mengenali bagian  tubuh yang harus dilindungi dan cara melindungi dari kekerasan, termasuk kekerasan seksual

v  Mulai terbiasa mengkon-sumsi makanan dan minuman yang bersih, sehat dan bergizi
v  Mengguna-kan toilet tanpa bantuan

3.5. Mengetahui caramemecahkan masalahsehari-hari danberperilaku kreatif
4.5. Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
v  Mampu memecah-kan masalah sederhana yang dihadapi dibantu oleh
orang dewasa
v  Melanjutkan kegiatan sampaiselesai

3.6. Mengenal benda-bendadi sekitarnya(nama, warna,  bentuk,ukuran, pola, sifat,suara, tekstur, fungsi,dan ciri-ciri lainnya)
4.6. Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-bendadi sekitar yangdikenalnya (nama,warna, bentuk,ukuran, pola, sifat,suara, tekstur,fungsi, dan ciri-cirilainnya) melaluiberbagai hasil karya
v  Melakukan kegiatan yang menunjuk-kan anak mampu mengenal benda dengan mengelom- pokkan berbagai benda berdasarkan ukuran (misal: besar-kecil, panjang-pendek, tebal-tipis berat-ringan)
v  Melakukan kegiatan yang menunjuk-kan anak mampu mengenal benda dengan memasang- kan benda dengan pasangannya
v  Melakukan kegiatan yang menunjuk-kan anak mampu mengenal benda dengan mengurut- kan benda berdasarkan ukuran dari yang terpendek sampai yang
terpanjang, terkecil-terbesar
v  Melakukan kegiatan yang menunjuk-ka anak mampu mengenal benda berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna
melalui kegiatan mengelom- pokkan
v  Melakukan kegiatan yang menun-jukkan anak mampu mengenal konsep besarkecil,
banyak-sedikit, panjang-pendek,berat-ringan tinggi-rendah melalui kegiatan membandingkan.


3.7. Mengenal lingkungansosial (keluarga,teman, tempat tinggal,tempat ibadah,budaya, transportasi)
4.7. Menyajikan berbagaikarya yang berhubungan denganlingkungan sosial(keluarga, teman,tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,transportasi) dalambentuk gambar,bercerita, bernyanyi,dan gerak tubuh
v  Menyebut nama anggota keluarga lain,teman, dan jenis kelamin mereka
v  Menyebut tempat di lingkungan sekitarnya
v  Menyebut-kan arah ke tempat yang sering dikunjungi pada radius yang lebih jauh (pasar, taman bermain)
v  Menyebut kan dan mengetahui perlengkap-an/atribut yang berhubungan dengan pekerjaan orang-orang yang ada di sekitarnya
v  Mengikuti aturan


3.8. Mengenal lingkunganalam (hewan,tanaman, cuaca, tanah,air, batu-batuan, dll)
4.8. Menyajikan berbagaikarya yang berhubungan dengan lingkungan alam(hewan, tanaman,cuaca, tanah, air, batubatuan,dll) dalam bentuk gambar,bercerita, bernyanyi,dan gerak tubuh
v  Menunjuk nama dan kegunaan bendabenda alam
v  Mengungkapkan hasil karya yang dibuatnya secara sederhana yang berhubung an dengan benda-benda yang
ada di lingkungan alam
v  Menunjuk-kan proses perkembangbiakan makhluk hidup (misal: kupu-kupu, ayam, katak)

3.9. Mengenal teknologisederhana (peralatan rumah tangga,peralatan bermain,peralatanpertukangan,dll)
4.9. Menggunakanteknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
v  Menggunakan cara penggunaan bendabenda
teknologi sederhana (misal:gunting, sekop, palu,cangkul, pisau, gunting kuku, sikat gigi, sendok pembuka tutup botol, spons, roda pada
kendaraan)
v  Mengenali bahan-bahan pembuatan tehnologi sederhana)
v  Menyebutkan arah ketempat yg sering dikunjungi pada radius yg lebih jauh (pasar, taman bermain )
v  Menyebutkan dan mengetahui perlengkapan /atribut yg berhubungan dengan pekerjaan orang-orang yang ada disekitarnya


3.10. Memahami bahasareseptif (menyimak dan membaca)
4.10. Menunjukkankemampuanberbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
v  Menceritakan kembali apa yang didengar dengan kosakata yang terbatas
v  Melaksanakan perintah sederhana sesuai dengan aturan yang disampaikan
(misal: aturan makan bersama)


3.11. Memahami bahasaEkspresif(mengungkapkanbahasa secara verbal dannon verbal)
4.11. Menunjukkankemampuan berbahasa ekspresif (mengung-kapkanbahasa secara verbal dan non verbal)
v  Mengguna-kan kalimat pendek untuk berinteraksi dengan anak atau orang dewasa untuk menyatakan apa yang dilihat dan dirasa
v  Menceritakan gambar yang ada dalam buku
v  Berbicara sesuai dengan kebutuhan (kapan harus bertanya, berpendapat)
v  Bertanya dengan mengguna-kan lebih dari 2 kata kata tanya seperti: apa mengapa, bagaimana, dimana

3.12. Mengenal keaksaraanawal melalui bermain
4.12. Menunjukkankemampuan keaksaraanawal dalam berbagai bentuk karya
v  Menulis huruf-huruf yang dicontohkan dengan cara meniru
v   Mencerita- kan isi buku walaupun tidak sama tulisan dengan bahasa yang diungkapkan
v  Menghubungkan benda-benda konkret dengan lambang bilangan 1-10


3.13. Mengenal emosi diridan orang lain
4.13. Menunjukkan reaksiemosi diri secara wajar
v  Menjalin pertemanan dengan anak lain
v  Mempertahankan haknya untuk melindungi diri dengan bantuan orang lain, misal: meminta bantuan pada orang dewasa


3.14. Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
4.14. Mengungkapkankebutuhan, keinginan,dan minat diri dengancara yang tepat
v  Memilih satu macam dari 2-3 pilihan yang tersedia (misal: mainan, makanan,pakaian)
v  Memilih satu dari berbagai kegiatan/benda yang telah disediakan


3.15. Mengenal berbagaikarya dan aktivitas seni (*)
4.15. Menunjukkan karyadan aktivitas seni denganmenggunakan berbagai media
v  Menghargai penampilan karya seni anak lain dengan bimbingan (misal dengan bertepuk tangan dan memuji)
v  Menampil kan karya seni sederhana didepan anak atau orang lain




Kegiatan Pengembangan diri
Kegiatan Pengembangan diri yang dikembangkan di KB Mentari Kota Madiun bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi PAUD.  Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakulikuler.  Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, bakat dan minat anak.
Jam kegiatan efektif per hari 2,5 jam (150 menit per hari) jadi dalam 1 minggu alokasi jam per minggu adalah 750 menit yaitu 5 hari efektif. hal ini dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Alokasi waktu satu jam kegiatan adalah 30 menit, dengan perincian
§   Kegiatan awal ± 15 menit
§   Kegiatan Materi Pagi± 30 menit
§   Istirahat ± 15 menit
§   Kegiatan Sentra ± 60
§   Kegiatan akhir ± 30 menit
Minggu efektif dalam satu tahun kegiatan (dua semester) adalah 34 minggu yang terdiri dari semester 1 banyak 108 hari efektif dan semester 2 sebanyak 105 hari efektif.

2.   MUATAN KURIKULUM
1.   Bidang Pengembangan :
-          Bidang Pengembangan Pembiasaan
Meliputi aspek pengembangan moral dan nilai-nilai agama serta pengembangan sosial, emosional dan kemandirian.  Dapat dilakukan dengan cara :
a.    Kegiatan Rutin
Adalah kegiatan yang dilakukanPAUD setiap hari, misalnya berbaris, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.



b.    Kegiatan spontan
Adalah kegiatan yang dilakukan secara spontan misalnya meminta tolong dengan baik, menawarkan bantuan dengan baik, menjenguk teman sakit.
c.    Pemberian Keteladanan
Adalah kegiatan yang dilakukan  dengan memberi teladan yang baik kepada anak misalnya memungut sampah yang dijumpai di lingkungan PAUD, berpakaian rapi, datang tepat waktu.
d.    Kegiatan terprogram adalah kegiatan yang diprogram dalam kegiatan pembelajaran.
Adalah kegiatan yang diprogram dalam kegiatan pembelajaran misalnya makan bersama, menggosok gigi.
-          Bidang Pengembangan Kemampuan Dasar
Merupakan kegiatan yang disiapkan untuk meningkatkan kemampuan dan kreatifitas anak sesuai dengan tahap perkembangan  yaitu  :
a.    Berbahasa
Perkembangan ini bertujuan agar anak mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara tepat, berkomunikasi secara efektif dan membangkitkan minat anak untuk berbahasa.
b.    Kognitif
Pengembangan ini bertujuan agar anak mampu mengolah perolehan belajarnya, menemukan bermacam-macam alternative pemecahan masalah, mengembangkan kemampuan logika matematika, pengetahuan ruang dan waktu, kemampuan memilih dan mengelom-pokkan dan persiapan pengembangan kemampuan berfikir teliti.
c.    Fisik Motorik
Pengembangan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih gerakan kasar dan halus, meningkatkan kemampuan mengelola, mengontrol gerakan tubuh dan koordinasi, serta meningkatkan ketrampilan tubuh dan cara hidup sehat sehingga dapat menunjang  pertumbuhan jasmani yang sehat, kuat dan terampil.
d.    Seni, meliputi: mengeksplorasi dan mengekspresikan diri, berimaginasi dengan gerakan, musik, drama, dan beragam bidang seni lainnya (seni lukis, seni rupa, kerajinan), serta mampu mengapresiasi  karya seni
Perkembangan kemampuan dasar diprogramkan dalam perencanaan semester, rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan dalam bentuk (RPPM) dan perencanaan harian dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPPH) yang dilaksanakan dalam pembelajaran sehari-hari di PAUD.
-          Pengembangan Diri
Pengembangan diri bertujuan memberikan kesemaptan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat setiap peserta didik sesuai kondisi sekolah dalam ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilalkukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar dan pengembangan karier peserta didik.
Berdasarkan kondisi objektif dan kebutuhan masyarakat, kegiatan pengambangan diri yang dipilih dan ditetapkan adalah sebagai berikut  :
1.   Bahasa Jawa dan Bahasa Inggris
Tujuan     :         mengenalkan bahasa Ibu dan bahasa Internasional
2.   Agama sesuai Agama Anak (TPA)
Tujuan     :         menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai agama sesuai dengan  Agama yang dianutnya.
3.   Berenang
Tujuan     :         sebagai wahana bagi anak untuk membiasakan diri hidup sehat.
4.   Mengembangkan seni tari, seni rupa dan seni musik
Tujuan     :         mengembangkan bakat dan potensi anak dibidang seni tari, seni rupa dan seni musik.
Mekanisme Pelaksanaan
1.    Kegiatan Pengembangan diri dilaksanakan di luar jam pembelajaran melalui kegiatan ekstrakurikuler yang dibina oleh guru, pelatih yang memilik kualitas yang baik berdasarkan surat keputusan Pengelola sekolah.




2.    Jadwal kegiatan
No
Jenis Kegiatan
Hari
Waktu
1
Bahasa Inggris
Rabu
10 Menit
2
Agama
Kamis
3
Senam dan Seni tari
Jum”at
4
Bahasa Jawa
Senin

3.    Alokasi waktu
Kegiatan pengembangan diri (terprogram) dimulai disetiap kelas dialokasikan dalam waktu 10 menit/hari.
4.    Pengembangan diri yang berhubungan dengan bimbingan pribadi, sosial belajar dan karier dilaksanakan dalam program Bimbingan Konseling dan pelaksanaannya terpadu atau di luar proses pembelajaran.

2.   Model Pembelajaran di Kelompok Bermain Mentari
Model pembelajaran yang digunakan di Kelompok Bermain Mentari mennggunakan SENTRA.Adapun sentra antara lain:
      SENTRA PERSIAPAN
Pusat kegiatan bermain untuk mempersiapkan anak mengenal tulisan, huruf dan menghitung. Kegiatan ini guna membantu anak mempersiapkan diri memasuki sekolah dasar. Membaca adalah aktifitas belajar yang dominan memerlukan indera visual dan juga melibatkan fungsi penginderaan lain di otak.
Dalam hal ini Kelompok Bermain Mentari hanya memperkenalkan beberapa huruf,angka,kata melalui bermain menggunakan alat peraga,dn bernyanyi.
     SENTRA SENI DAN KREATIVITAS
Pusat kegiatan bermain untuk melatih rasa estetika (keindahan),melatih motorik halus serta mengoptimalkan kemampuannya untuk membuat karya seni,karya lukis,musik dan gerak.Dalam hal ini Kelompok Bermain Mentari memberikan kegiatan belajar melalui bermain seperti,mencocok, mengguting, mewarnai,merobek,bernyanyi,bermain musik serta menari.
     SENTRA ALAM
Pusat kegiatan bermain untuk melatih anak mengenal akan keindahan alam yang mana dapat untuk belajar bereksplorasi dengan alam melalui pembelajaran SAINS.
     SENTRA PERAN
Pusat kegiatan bermain untuk melatih anak berimajinasi, berekspresi dan melatih mental untuk meningkatkan rasa kemandirian dan percaya diri.
     SENTRA OLAH TUBUH
Pusat kegiatan bermain untuk melatih anak mengembangkan motorik kasar  sehingga dapat merangsang pertumbuhan fisik pada anak dalam hal ini Kelompok Bermain Mentari melakukan kegiatan berolah raga

3.   Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang bisa digunakan di KB Mentari antara lain :
-          Metode Bercerita
Metode bercerita adalah cara bertutur kata dan menyampaikan cerita secara lisan. Cerita harus diberikan secara menarik.  Anak diberi kesempatan untuk bertanya dan diberi kesempatan untuk bertanya dan memberikan tanggapan.
-          Metode Demontrasi
Metode demontrasi digunakan untuk menunjukkan atau memeragakan cara untuk membuat atau melakukan sesuatu.
-          Metode Bercakap-cakap
Metode bercakap-cakap dapat dilakukan dalam bentuk tanya jawab antara anak dengan pendidik atau antara anak dengan anak yang lain.
-          Metode pemberian tugas
Pemberian tugas dilakukan oleh pendidik untuk memberi pengalaman yang nyata kepada anak baik secara individu maupun secara kelompok

-          Metode Sosiodrama atau Bermain Peran
Metode sosiodrama atau bermain peran dilakukan untuk mengembangkan daya khayal/ imajinasi, kemampuan berekspesi, dan kreativitas anak yang diinspirasi dari tokoh-tokoh atau benda-benda yang ada dalam cerita.
-          Metode Karyawisata
Metode karyawisata adalah kunjungan secara langsung ke objek-objek di lingkungan kehidupan anak yang sesuai dengan tema yang sedang dibahas.
-          Metode Proyek
Proyek adalah suatu tugas yang terdiri atas rangkaian kegiatan yang diberikan oleh pendidik kepada anak, baik secara individu maupun secara berkelompok dengan menggunakan objek alam sekitar maupun kegiatan sehari-hari.
-          Metode eksperimen
Metode eksperimen adalah cara memberikan pengalaman kepada anak dimana anak memberi perlakuan terhadap sesuatu dan mengamati akibatnya. Misalnya, balon ditiup, warna dicampur, air dipanaskan, tanaman disirami dan lain-lain.

E.    KALENDER PENDIDIKAN
Kurikulum KB Mentari pada setiap jenis dan jenjang diselenggarakan dengan mengikuti kalender pendidikan yang dikembangkan oleh PAUD pada setiap tahun pelajaran.
a.    Ketentuan-ketentuan
1.    Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk pembelajaran peserta didik selama satu tahu pelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu ekfektif belajar, waktu pembelajarna efektif dan hari libur.
2.    Permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajarna pada awal tahun pelajaran.
3.    Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran.
4.    Waktu pelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk setiap bidang pengembangan, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
5.    Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegaitan pembelajaran. Waktu libur dapat berbentuk tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pembelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum, termasuk hari-hari nasionaldan hari libur khusus.
Kalender pendidikan Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan rincian efektif
Semester I
No
Bulan
JME
HES
HEF
KTS
LU
LHB
LS
LPP
LHR
JML
1
Juli 2016
1
11
-
-
2
-
-
-
-
12
2
Agustus 2016
4
24
-
-
4
1
-
-
-
33
3
September 2016
4
19
-
2
4
1
-
-
-
30
4
Oktober 2016
5
22
-
1
5
1
-
-
-
33
5
Nopember 2016
4
21
-
-
4
-
-
-
-
30
6
Desember 2016
2
11
-
-
3
3
13
-
-
32
JUMLAH
20
108
-
3
22
5
13
-
-
171
    
     Semester II
No
Bulan
JME
HES
HEF
KTS
LU
LHB
LS
LPP
LHR
JML
1
Januari 2016
5
19
-
-
5
2
-
-
-
31
2
Pebruari 2016
4
21
-
-
4
-
-
-
-
29
3
Maret 2016
4
20
-
5
4
1
-
-
-
34
4
April 2016
5
20
-
-
5
2
-
-
-
32
5
Mei 2016
3
15
-
-
4
3
-
5
-
30
6
Juni 2016
2
10
-
-
3
6
13
3
9
46
JUMLAH
23
105
0
5
25
14
13
8
9
202

Keterangan :
JME   : Jumlah Minggu Efektif                        LU    : Libur Umum
HES   : Hari Efektif Sekolah                           LHB  : Libur Hari Besar
HEF   : Hari Efektif Fakulatif                          LS    : LIbur Semester
KTS   : Kegiatan Tengah Semester                 LPP   : Libur Permulaan Puasa
                                                               LHR  : Libur Hari Raya


b.   Penetapan kalender pendidikan
1.    Permulaan tahun pelajaran adalah bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya.
2.    Hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan keputusan menteri pendidikan nasional dan menteri agama dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan, Kepala Pemerintahan tingkat Kabupaten, Kalender yayasan dan atau organisasi penyelenggaraan pendidikan dapat menetapkan hari libur khusus.
3.    Pemerintah Pusat/Provinsi/ Kota Madiun dapat menetapkan hari libur serentak untuk setahun-satuan pendidikan.
4.    Kalender Pendidikan KB Mentari Kota Madiun disusun oleh sekolah berdasarkan beberapa pertimbangan antara lain adalah: alokasi waktu yang berpedoman pada ketentuan dari pemerintah.




BAB III
DOKUMEN II

A.   PROGRAM TAHUNAN
No
BULAN
KEGIATAN
KETERANGAN
1.
Juli 2016
1.    Orientasi siswa
2.    Pengenalan Lingkungan Sekolah
3.    Parenting
4.    Halal Bihalal
di sekolah
2.
Agustus 2016
1.    Rapat Pendidikan
2.    Peringatan HUT RI, mengadakan lomba lomba baik anak, walimurid dan guru.
3.    Pemberian obat cacing dan vitamin A
4.    Tema Diri Sendiri (Menggosok Gigi dilanjutkan Pemeriksaan Gigi)
di sekolah

3.
September 2016
1.    Memperingati Hari Raya Idul Adha
2.    Peringatan Idul Adha
3.    Tema Kebutuhanku (Membuat Juice)

di sekolah
4.
Oktober 2016
1.    Jalan-jalan di seputaran PAUD Mentari
2.    Kerja bakti di lingkungan sekolah
3.    Makan Bersama


5.
November 2016
1.    (Belajar Menanam Benih di kebun sekolah)
2.    Berenang di I-Club Bali
3.    Berkunjung ke Supermarket

6.
Desember  2016
1.    (Pembelajaran di Alon-alon sambil memberi makan burung dara)
2.    Penerimaan Rapot semester 1
3.    Peringatan hari Ibu

di sekolah
7.
Januari 2017
1.    Parenting dengan PAUD di Kec. Kartoharjo
Di PAUD Siti Hajar 1
8.
Februari 2017
1.    Tema Pekerjaan (Mengajak anak berkunjung ke Instansi )
2.    Makan Bersama
3.    Pemberian Vitamin A

9.
Maret 2017
1.    Tema Air, Udara, Api  (Membuat gelembung Udara dari sabun)
2.    Berenang di I-Club Bali
3.    Persiapan PPDB

10.
April 2017
1.    Peringatan Hari Kartini
2.    Membuat telepon dari kaleng dan benang
3.    Persiapan untuk HAN

di sekolah
11.
Mei 2017
1.    HAN

12.
Juni 2016
1.    Menyelesaikan administrasi
2.    Penerimaan Raport Semester II & SKTB

di sekolah


TEMA YANG DIGUNAKAN DI KB MENTARI
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Semester 1
No
Tema
Su-Tema
Puncak Tema
Keterangan
1.
Pengenalan
MOS
Makan Bersama
Juli 2016
2.
HUT Kemerdekaan
17 Agustus 1945
Lomba
Agustus 2016
3.
Diri Sendiri
Tubuhku
Gosok Gigi bersama dan pemeriksaan gigi
Agustus 2016
Panca Indera
Kesukaanku
4.
Lingkunganku
Keluarga
Kunjungan ke rumah Kepala Sekolah
September 2016
Rumah
Sekolah
5.
Kebutuhanku
Makanan
Makan bersama di Laziza acara Fun Class
Oktober 2016
Minuman
Pakaian
6.
Tanaman
Ketela
Menanam di kebun Sekolah
November 2016
Wortel
Pepaya
Kunyit
7.
Binatang
Ayam
Memberi makan Burung Dara
Desember 2016
Ikan
Burung








Semester II
No
Tema
Su-Tema
Puncak Tema
Keterangan
1.
Rekreasi
Pantai
Kunjungan ke
Pasar Hewan
Januari 2017
Musium
Kebun Binatang
2.
Pekerjaan
Polisi
Kunjungan ke Kantor Pos
Februari 2017
Dokter
Tukang Pos
3.
Air,Udara,Api
Macam Air
Ulang Tahun Mentari yang
 ke 11
Maret 2017
Balon
Lilin
4.
Alat Komunikasi
Telepon
Menonton Film education di Sekolah
April 2017
Televisi
6.
Negaraku
Lambang
Membuat bendera merah putih
Mei 2019
Merah Putih
Pancasila
7.
Alam Semesta
Bulan

Sains terjadinya pelangi
Juni 2017

Matahari
 Pelangi
  Bintang




BAB IV
PENUTUP



A.   SIMPULAN  :
Dengan disusun dan diberlakukan kurikulum KB Mentari kota Madiun untuk Tahun Pelajaran 2016/2017 ini maka dapat kami simpulkan sbb:
1.    Dokumen kurikulum ini adalah merupakan program standar minimal yang akan digunakan sebagai pedoman pembelajaran selama 1 tahun pelajaran.
2.    Warga PAUD Mentari khususnya guru-guru sebagai agen pembelajaran tugasnya mengembangkan pembelajaran sesuai dengan kreatifitas dan tuntutan guru yang profesional.
3.    Dengan diberlakukannya kurikulum Pendidikan Usia Dini Mentari ini guru akan lebih leluasa untuk menyusun program pembelajaran yang disesuaikan dengan karakter budaya dan kebutuhan anak.

B.   SARAN  :
1.      Kurikulum Pendidikan Usia Dini Mentari ini disusun sebagai panduan guru untuk membuat program pembelajaran, maka guru-guru harus mempelajari dan mendalami tentang apa yang ada di dalam kurikulum ini untuk dilaksanakan dan dikaji.
2.      Selama 1 tahun pelajaran 2016/2017 ini tugas guru selain melaksanakan kurikulum ini diharapkan lebih kreatif dan inovatif dalam mengelola maupun menerapkan model pembelajaran kelompok sebagai bahan evaluasi dan revisi untuk tahun pelajaran 2017/2018
3.      Kegiatan pembelajaran berhasil selain program yang disusun bagus, juga sumber daya manusianya harus lebih ditingkatkan baik itu Pengelola PAUD, tenaga kependidikan dan guru.
4.      Kurikulum ini hanya berupa acuan saja, tanpa didukung sarana prasarana, etos kerja, dedikasi yang tinggi, komitmen tugas maka tidak akan membuahkan hasil yang baik.


C.   RENCANA TINDAK LANJUT
Harapan KB Mentari untuk tahun pelajaran berikutnya, kurikulum ini dapat berkembang lebih maksimal baik dari segi kecakapan pendidik dan dari sarana prasarananya.  Kurikulum yang bermuatan nilai karakter ini, dapat bermanfaat bagi kemajuan perkembangan budaya dan pendodikan nilai-nilai karakter dalam setiap proses belajar mengajar.  Kurikulum tahun 2016/2017 akan menjadi acuan demi lebih bermutunya kegiatan belajar mengajar dan menjadi acuan kurikulum yang akan disusun tahun berikutnya.
Pengembangan dan pemberdayaan kurikulum ini diharapkan lebih terarah dan mencapai tujuan yang diharapkan oleh KB Mentari.  Selanjutnya akan meningkatkan pembelajaran yang bermanfaat dan bernilai.





LAMPIRAN
1.    SOP,Kalender,Prota,Prosem,RPPM,RPPH,Penilaian,Pelaporan
2.    Berita acara tim pengembang kurikulum 2013 PAUD Th Pelajaran 2016 (tgl dibuat tgl 1 Juni 2016)
3.    SK Tim Pengembang, Notula, Absensi (Daftar Hadir),
4.    Jam Mengajar,
5.    Ijin Operasional (Lampirkan Foto Copynya)
6.    Tata Tertib Satuan KB MENTARI  (Baik Guru dan Anak)
7.    SK Kemenkumham.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar