Minggu, 08 November 2020

TUGAS KELOMPOK RPPH PAUD BERBASIS HOATS

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)

DARING KELOMPOK BERMAIN MENTARI KOTA MADIUN

TAHUN AJARAN 2020/2021

      

Semester/minggu ke                            : I/ 5

Kelompok                                          : A, 4-5 tahun

Waktu                                                : 3 jam

Hari/Tanggal                                     : ...........................

Tema/Subtema/Sub-Sub Tema        : Keluargaku / Profesi Anggota Keluarga/ macam-macam

                                                                   Pekerjaan atau profesi (pembatik)

Judul Kegiatan Belajar                    : Membuat baju batik (membatik jumputan) menggunakan 

                                                               tisu

 

KI                                                       : KI 1,2,3,4

KD                                                      : 1.2, 2.12, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.9, 4.9, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15

Bidang pengembangan                     NAM, SOSEM, Motorik Kasar, Motorik Halus, Bahasa,                                                                  Kognitif, Seni

 

A.            Tujuan Pembelajaran (mengandung HOTS dan ABCD)

1.               Anak mampu menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar dengan mengucapkan bacaan hamdalah sebagai rasa syukur kepada Tuhan

2.               Anak mampu menunujukkan rasa tanggung jawabnya denngan meyelesaikan kegiatannya sampai selesai

3.               Anak mampu melakukan berbagai kegiatan motorik kasar melalui kegiatan melompat dengan dua kaki ke samping kanan dengan seimbang dan lincah

4.               Anak mampu melakukan berbagai kegiatan motorik halus melalui kegiatan mewarna tisu menggunakan kuas dengan baik.

5.               Anak mampu mengumpulkan benda berdasarkan warna melalui kegiatan mengelompokkan klip sesuai warnanya dengan tepat

6.               Anak mampu menemukan lambang-lambang huruf sesuai warna melalui kegiatan menempel huruf m,b, dan k pada warna yang tepat.

7.           Anak mampu membuat bentuk baju batik melalui kegiatan membatik jumputan menggunakan tisu dengan indah .

B.           Indikator hasil pembelajaran

 

1.                Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan

2.                Senang menjalankan kegiatan yang menjadi tugasnya.

3.                Melakukan berbagai kegiatan motorik kasar dan halus yang seimbang, terkontrol dan lincah

4.                Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna melalui kegiatan mengelompokkan.

5.                Menyebutkan lambang-lambang huruf sesuai suara / bunyi.

6.                 Menampilkan karya seni sederhana di depan anak atau orang lain

C.            Materi Pembelajaran

1.2.1 Bersyukur (NAM)

2.12.1 Menyelesaikan tugas sampai selesai (SOSEM)

3.3.4 Gerakan jalan, lari, melompat, berjinjit, dst (MOTORIK KASAR)

4.3.4 Melakukan jalan, lari, melompat, berjinjit, dst (MOTORIK KASAR)

3.3.6 Koordinasi motorik halus (MOTORIK HALUS)

4.3.6 Mengkoordinasikan motorik halus (MOTORIK HALUS)

3.6.1 Konsep warna primer dan warna sekunder (KOGNITIF)

4.6.1 Percampuran macam-macam warna (KOGNITIF)

3.12.1 Huruf vokal dan huruf konsonan (BAHASA)

4.12.1 Pengenalan huruf-huruf vokal dan konsonan (BAHASA)

3.15.4 Tertarik pada aktivitas seni (SENI)

4.15.4 Kegiatan melukis, mewarnai gambar, mencipta bentuk (SENI)

D.            Penguatan Pendidikan Karakter

1.               Religius

2.               Tanggung jawab

E.             Media, Sumber Belajar, Alat dan Bahan

1.               Media pembelajaran : vidio pembelajaran, gambar peralatan membatik, kartu warna

2.               Sumber belajar : HP (internet), LKPD

3.               Alat : kuas, palet

4.               Bahan : pewarna kue, lem, tisu, klip, kepingan huruf m, b, dan k

F.              Metode                   : Demonstrasi, penugasan, praktek langsung, unjuk karya

G.            Langkah-Langkah Pembelajaran :

 

 

 

Pijakan Sebelum main

(40 menit)

·        Guru mulai membuka kelas pada aplikasi Google Form  dan mengadmid siswa atau mengirim vidio sapaan melalui WA grup

·        Guru menyapa anak (salam dan berdoa)

·        Guru menanyakan kabar anak pada hari itu

·        Berbagi dan bertanya jawab tentang tema hari ini (pengenalan peralatan yang digunakan untuk membatik, misalnya : canting,malam dll)

·        Guru menyampaikan langkah-langkah pelaksanaan kegiatan hari ini

Semua dilakukan melalui   google form.

 

 

 

 

 

 

Pijakan saat main (100 menit)

·        Menonton vidio pembelajaran (cara membatik dan langkah pelaksanaan pembelajaran) yang dikirim oleh guru

·        Mewarna tisu dengan teknik membatik jumputan (50 menit)

·        Menempelkan tisu yang sudah diwarna dan sudah kering pada selembar kertas lalu menutup tisu tersebut dengan selembar kertas yang berbentuk baju (10 menit)

·        Menyebutkan warna yang ada pada tisu ( 10 menit)

·        Mengelompokkan klip sesuai dengan warnanya (15 menit)

·        Menempel huruf “m”, “h”, dan “b” pada tisu sesuai dengan letak warnanya, misal : huruf “m” ditempel pada bagian tisu yang berwarna merah dan seterusnya. ( 10 menit)

·        Melompat dengan dua kaki ke samping kanan (5 menit)

 

 

 

Pijakan setelah main (40 menit)

·        Guru kembali menyapa anak pada sore hari melalui aplikasi VICON  atau melalui WA berdiskusi tentang kegiatan hari ini, kegiatan apa yang paling anak suka dan mengapa anak suka

·        Mengucapkan bacaan hamdalah bersama-sama

·        Berdoa dan salam penutup

·        Orang tua mengirim vidio proses pembelajaran anak selama satu hari

 

Rencana Penilaian      : observasi, unjuk kerja, hasil karya.

Teknik Penilaian        : catatan hasil karya, skala capaian perkembangan (rating scale / ceklist) Instrumen penilaian           pedoman observasi, pedoman wawancara, rubrik penilaian

 

Mengetahui                                                                            Guru Kelas

Pengelola KB MENTARI

 

 YULIANTI KARYANINGRUM, S.Pd                                     DIAN LESTARI, S.Pd

 

 

 

Keterangan :

Science        : mengenal cara membatik dan peralatan yang digunakan untuk membatik

Technology : anak mengamati vidio pembelajaran yang dikirim oleh guru, anak mendengarkan guru menjelaskan kegiatan pada aplikasi zoom,Google Foarm, Vicon atau WA

Engineering : anak mengumpulkan informasi terkait cara membatik dan peralatan yang  digunakan Art       : membuat karya bentuk baju batik dengan membatik jumputan menggunakan tisu Mathematics : mengelompokkan benda (klip) sesuai warna

 

 

 

INSTRUMEN PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK

 

Pedoman Observasi

 

NO

INDIKATOR

PENILAIAN

BB

MB

BSH

BSB

1

Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan

 

 

ü

 

2

Senang menjalankan kegiatan yang menjadi tugasnya.

 

 

 

 

3

Melakukan berbagai kegiatan motorik kasar dengan seimbang dan lincah

 

 

 

 

4

Melakukan berbagai kegiatan motorik halus dengan baik

 

 

 

 

5

Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna melalui kegiatan mengelompokkan

 

 

 

 

6

Menyebutkan lambang-lambang huruf sesuai suara / bunyi.

 

 

 

 

7

Menampilkan karya seni sederhana di depan anak atau orang lain

 

 

 

 

 

Pedoman Wawancara

 

NO

INDIKATOR

MATERI WAWANCARA

PENILAIAN

BB

MB

BSH

BSB

 

 

1

Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna melalui kegiatan    mengelompokkan

 

Menanyakan macam-macam warna pada tisu yang telah dibatik anak

 

 

 

 

2

Menyebutkan lambang-lambang huruf sesuai suara / bunyi.

Menanyakan lambang huruf konsonan (m,b, dan k)

 

 

 

 

 

 

Rubrik Penilaian

 

  NO

INDIKATOR

PENILAIAN

BB

MB

BSH

BSB

 

1

Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan

Anak belum mampu mengucapkan

kalimat hamdalah

Anak mampu mengucapkan kalimat hamdalah

dengan sedikit

bantuan

anak mampu mengucapkan kalimat hamdalah

tanpa bantuan

Anak mampu mengucapakan bacaan hamdalah

dengan lancar

dan tanpa   bantuan

 

2

Senang menjalankan kegiatan yang menjadi tugasnya

Anak hanya mau menyelesaikan satu macam

kegiatan

Anak hanya mau menyelesaikan dua macam

kegiatan

Anak mau menyelesaikan lebih dari tiga

macam kegiatan

Anak mau menyelesaikan semua kegiatan

 

 

3

 

Melakukan berbagai kegiatan motorik kasar dengan seimbang dan lincah

 

Anak belum mampu melompat menggunakan 2 kaki ke samping kanan

Anak mampu melompat menggunakan 2 kaki ke samping kanan namun

kurang lincah dan seimbang

Anak mampu melompat menggunakan 2 kaki ke samping   kanan dengan baik

Anak mampu melompat menggunakan 2 kaki ke samping   kanan dengan sangat baik

 

 

4

 

Melakukan berbagai kegiatan motorik halus dengan baik

Anak memerlukan bantuan penuh dalam memegang dan menggunakan

kuas

Anak memerlukan sedikit bantuan dalam memegang dan menggunakan

kuas

Anak mampu memegang dan menggunakan kuas dengan mandiri / tanpa

bantuan

Anak mampu memegang dan menggunakan kuas dengan baik dan mandiri /

tanpa bantuan

 

 

5

Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna

melalui kegiatan mengelompokkan

Anak masih memerlukan bantuan penuh dalam mengelompokkan

klip sesuai warnanya

Anak  memerlukan sedikit bantuan dalam mengelompokkan

klip sesuai warnanya

 

Anak mampu mengelompokkan klip sesuai warnanya dengan mandiri

Anak mampu mengelompokkan klip sesuai warnanya dengan tepat dan mandiri tanpa bantuan

KELOMPOK :

  1. HERLIN SUSILO AGUS PUDJI HARNENI
  2. INDAH KARTIKA SARI,SE
  3. DIAN LESTARI S.Pd
  4. NUNIK TRI SURYANI
  5. YULIANTI KARYANINGRUM,S.Pd


Tidak ada komentar:

Posting Komentar