RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
DARING KELOMPOK BERMAIN MENTARI KOTA MADIUN
TAHUN AJARAN 2020/2021
Semester/minggu ke : I/ 5
Kelompok : A, 4-5 tahun
Waktu : 3 jam
Hari/Tanggal : ...........................
Tema/Subtema/Sub-Sub Tema : Keluargaku / Profesi Anggota Keluarga/ macam-macam
Pekerjaan atau profesi (pembatik)
Judul Kegiatan Belajar : Membuat baju batik (membatik jumputan) menggunakan
tisu
KI : KI 1,2,3,4
KD : 1.2, 2.12, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.9, 4.9, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15
Bidang pengembangan : NAM, SOSEM, Motorik Kasar, Motorik Halus, Bahasa, Kognitif, Seni
A. Tujuan Pembelajaran (mengandung HOTS dan ABCD)
1. Anak mampu menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar dengan mengucapkan bacaan hamdalah sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2. Anak mampu menunujukkan rasa tanggung jawabnya denngan meyelesaikan kegiatannya sampai selesai
3. Anak mampu melakukan berbagai kegiatan motorik kasar melalui kegiatan melompat dengan dua kaki ke samping kanan dengan seimbang dan lincah
4. Anak mampu melakukan berbagai kegiatan motorik halus melalui kegiatan mewarna tisu menggunakan kuas dengan baik.
5. Anak mampu mengumpulkan benda berdasarkan warna melalui kegiatan mengelompokkan klip sesuai warnanya dengan tepat
6. Anak mampu menemukan lambang-lambang huruf sesuai warna melalui kegiatan menempel huruf m,b, dan k pada warna yang tepat.
7. Anak mampu membuat bentuk baju batik melalui kegiatan membatik jumputan menggunakan tisu dengan indah .
B. Indikator hasil pembelajaran
1. Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2. Senang menjalankan kegiatan yang menjadi tugasnya.
3. Melakukan berbagai kegiatan motorik kasar dan halus yang seimbang, terkontrol dan lincah
4. Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna melalui kegiatan mengelompokkan.
5. Menyebutkan lambang-lambang huruf sesuai suara / bunyi.
6. Menampilkan karya seni sederhana di depan anak atau orang lain
C. Materi Pembelajaran
1.2.1 Bersyukur (NAM)
2.12.1 Menyelesaikan tugas sampai selesai (SOSEM)
3.3.4 Gerakan jalan, lari, melompat, berjinjit, dst (MOTORIK KASAR)
4.3.4 Melakukan jalan, lari, melompat, berjinjit, dst (MOTORIK KASAR)
3.3.6 Koordinasi motorik halus (MOTORIK HALUS)
4.3.6 Mengkoordinasikan motorik halus (MOTORIK HALUS)
3.6.1 Konsep warna primer dan warna sekunder (KOGNITIF)
4.6.1 Percampuran macam-macam warna (KOGNITIF)
3.12.1 Huruf vokal dan huruf konsonan (BAHASA)
4.12.1 Pengenalan huruf-huruf vokal dan konsonan (BAHASA)
3.15.4 Tertarik pada aktivitas seni (SENI)
4.15.4 Kegiatan melukis, mewarnai gambar, mencipta bentuk (SENI)
D. Penguatan Pendidikan Karakter
1. Religius
2. Tanggung jawab
E. Media, Sumber Belajar, Alat dan Bahan
1. Media pembelajaran : vidio pembelajaran, gambar peralatan membatik, kartu warna
2. Sumber belajar : HP (internet), LKPD
3. Alat : kuas, palet
4. Bahan : pewarna kue, lem, tisu, klip, kepingan huruf m, b, dan k
F. Metode : Demonstrasi, penugasan, praktek langsung, unjuk karya
G. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Pijakan Sebelum main
(40 menit)
· Guru mulai membuka kelas pada aplikasi Google Form dan mengadmid siswa atau mengirim vidio sapaan melalui WA grup
· Guru menyapa anak (salam dan berdoa)
· Guru menanyakan kabar anak pada hari itu
· Berbagi dan bertanya jawab tentang tema hari ini (pengenalan peralatan yang digunakan untuk membatik, misalnya : canting,malam dll)
· Guru menyampaikan langkah-langkah pelaksanaan kegiatan hari ini
Semua dilakukan melalui google form.
Pijakan saat main (100 menit)
· Menonton vidio pembelajaran (cara membatik dan langkah pelaksanaan pembelajaran) yang dikirim oleh guru
· Mewarna tisu dengan teknik membatik jumputan (50 menit)
· Menempelkan tisu yang sudah diwarna dan sudah kering pada selembar kertas lalu menutup tisu tersebut dengan selembar kertas yang berbentuk baju (10 menit)
· Menyebutkan warna yang ada pada tisu ( 10 menit)
· Mengelompokkan klip sesuai dengan warnanya (15 menit)
· Menempel huruf “m”, “h”, dan “b” pada tisu sesuai dengan letak warnanya, misal : huruf “m” ditempel pada bagian tisu yang berwarna merah dan seterusnya. ( 10 menit)
· Melompat dengan dua kaki ke samping kanan (5 menit)
Pijakan setelah main (40 menit)
· Guru kembali menyapa anak pada sore hari melalui aplikasi VICON atau melalui WA berdiskusi tentang kegiatan hari ini, kegiatan apa yang paling anak suka dan mengapa anak suka
· Mengucapkan bacaan hamdalah bersama-sama
· Berdoa dan salam penutup
· Orang tua mengirim vidio proses pembelajaran anak selama satu hari
Rencana Penilaian : observasi, unjuk kerja, hasil karya.
Teknik Penilaian : catatan hasil karya, skala capaian perkembangan (rating scale / ceklist) Instrumen penilaian : pedoman observasi, pedoman wawancara, rubrik penilaian
Mengetahui Guru Kelas
Pengelola KB MENTARI
YULIANTI KARYANINGRUM, S.Pd DIAN LESTARI, S.Pd
Keterangan :
Science : mengenal cara membatik dan peralatan yang digunakan untuk membatik
Technology : anak mengamati vidio pembelajaran yang dikirim oleh guru, anak mendengarkan guru menjelaskan kegiatan pada aplikasi zoom,Google Foarm, Vicon atau WA
Engineering : anak mengumpulkan informasi terkait cara membatik dan peralatan yang digunakan Art : membuat karya bentuk baju batik dengan membatik jumputan menggunakan tisu Mathematics : mengelompokkan benda (klip) sesuai warna
INSTRUMEN PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK
Pedoman Observasi
NO
INDIKATOR
PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
1
Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
ü
2
Senang menjalankan kegiatan yang menjadi tugasnya.
3
Melakukan berbagai kegiatan motorik kasar dengan seimbang dan lincah
4
Melakukan berbagai kegiatan motorik halus dengan baik
5
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna melalui kegiatan mengelompokkan
6
Menyebutkan lambang-lambang huruf sesuai suara / bunyi.
7
Menampilkan karya seni sederhana di depan anak atau orang lain
Pedoman Wawancara
NO
INDIKATOR
MATERI WAWANCARA
PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
1
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna melalui kegiatan mengelompokkan
Menanyakan macam-macam warna pada tisu yang telah dibatik anak
2
Menyebutkan lambang-lambang huruf sesuai suara / bunyi.
Menanyakan lambang huruf konsonan (m,b, dan k)
Rubrik Penilaian
NO
INDIKATOR
PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
1
Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
Anak belum mampu mengucapkan
kalimat hamdalah
Anak mampu mengucapkan kalimat hamdalah
dengan sedikit
bantuan
anak mampu mengucapkan kalimat hamdalah
tanpa bantuan
Anak mampu mengucapakan bacaan hamdalah
dengan lancar
dan tanpa bantuan
2
Senang menjalankan kegiatan yang menjadi tugasnya
Anak hanya mau menyelesaikan satu macam
kegiatan
Anak hanya mau menyelesaikan dua macam
kegiatan
Anak mau menyelesaikan lebih dari tiga
macam kegiatan
Anak mau menyelesaikan semua kegiatan
3
Melakukan berbagai kegiatan motorik kasar dengan seimbang dan lincah
Anak belum mampu melompat menggunakan 2 kaki ke samping kanan
Anak mampu melompat menggunakan 2 kaki ke samping kanan namun
kurang lincah dan seimbang
Anak mampu melompat menggunakan 2 kaki ke samping kanan dengan baik
Anak mampu melompat menggunakan 2 kaki ke samping kanan dengan sangat baik
4
Melakukan berbagai kegiatan motorik halus dengan baik
Anak memerlukan bantuan penuh dalam memegang dan menggunakan
kuas
Anak memerlukan sedikit bantuan dalam memegang dan menggunakan
kuas
Anak mampu memegang dan menggunakan kuas dengan mandiri / tanpa
bantuan
Anak mampu memegang dan menggunakan kuas dengan baik dan mandiri /
tanpa bantuan
5
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna
melalui kegiatan mengelompokkan
Anak masih memerlukan bantuan penuh dalam mengelompokkan
klip sesuai warnanya
Anak memerlukan sedikit bantuan dalam mengelompokkan
klip sesuai warnanya
Anak mampu mengelompokkan klip sesuai warnanya dengan mandiri
Anak mampu mengelompokkan klip sesuai warnanya dengan tepat dan mandiri tanpa bantuan
DARING KELOMPOK BERMAIN MENTARI KOTA MADIUN
TAHUN AJARAN 2020/2021
Semester/minggu ke : I/ 5
Kelompok : A, 4-5 tahun
Waktu : 3 jam
Hari/Tanggal : ...........................
Tema/Subtema/Sub-Sub Tema : Keluargaku / Profesi Anggota Keluarga/ macam-macam
Pekerjaan atau profesi (pembatik)
Judul Kegiatan Belajar : Membuat baju batik (membatik jumputan) menggunakan
tisu
KI : KI 1,2,3,4
KD : 1.2, 2.12, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.9, 4.9, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15
Bidang pengembangan : NAM, SOSEM, Motorik Kasar, Motorik Halus, Bahasa, Kognitif, Seni
A. Tujuan Pembelajaran (mengandung HOTS dan ABCD)
1. Anak mampu menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar dengan mengucapkan bacaan hamdalah sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2. Anak mampu menunujukkan rasa tanggung jawabnya denngan meyelesaikan kegiatannya sampai selesai
3. Anak mampu melakukan berbagai kegiatan motorik kasar melalui kegiatan melompat dengan dua kaki ke samping kanan dengan seimbang dan lincah
4. Anak mampu melakukan berbagai kegiatan motorik halus melalui kegiatan mewarna tisu menggunakan kuas dengan baik.
5. Anak mampu mengumpulkan benda berdasarkan warna melalui kegiatan mengelompokkan klip sesuai warnanya dengan tepat
6. Anak mampu menemukan lambang-lambang huruf sesuai warna melalui kegiatan menempel huruf m,b, dan k pada warna yang tepat.
7. Anak mampu membuat bentuk baju batik melalui kegiatan membatik jumputan menggunakan tisu dengan indah .
B. Indikator hasil pembelajaran
1. Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2. Senang menjalankan kegiatan yang menjadi tugasnya.
3. Melakukan berbagai kegiatan motorik kasar dan halus yang seimbang, terkontrol dan lincah
4. Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna melalui kegiatan mengelompokkan.
5. Menyebutkan lambang-lambang huruf sesuai suara / bunyi.
6. Menampilkan karya seni sederhana di depan anak atau orang lain
C. Materi Pembelajaran
1.2.1 Bersyukur (NAM)
2.12.1 Menyelesaikan tugas sampai selesai (SOSEM)
3.3.4 Gerakan jalan, lari, melompat, berjinjit, dst (MOTORIK KASAR)
4.3.4 Melakukan jalan, lari, melompat, berjinjit, dst (MOTORIK KASAR)
3.3.6 Koordinasi motorik halus (MOTORIK HALUS)
4.3.6 Mengkoordinasikan motorik halus (MOTORIK HALUS)
3.6.1 Konsep warna primer dan warna sekunder (KOGNITIF)
4.6.1 Percampuran macam-macam warna (KOGNITIF)
3.12.1 Huruf vokal dan huruf konsonan (BAHASA)
4.12.1 Pengenalan huruf-huruf vokal dan konsonan (BAHASA)
3.15.4 Tertarik pada aktivitas seni (SENI)
4.15.4 Kegiatan melukis, mewarnai gambar, mencipta bentuk (SENI)
D. Penguatan Pendidikan Karakter
1. Religius
2. Tanggung jawab
E. Media, Sumber Belajar, Alat dan Bahan
1. Media pembelajaran : vidio pembelajaran, gambar peralatan membatik, kartu warna
2. Sumber belajar : HP (internet), LKPD
3. Alat : kuas, palet
4. Bahan : pewarna kue, lem, tisu, klip, kepingan huruf m, b, dan k
F. Metode : Demonstrasi, penugasan, praktek langsung, unjuk karya
G. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Pijakan Sebelum main (40 menit) | · Guru mulai membuka kelas pada aplikasi Google Form dan mengadmid siswa atau mengirim vidio sapaan melalui WA grup · Guru menyapa anak (salam dan berdoa) · Guru menanyakan kabar anak pada hari itu · Berbagi dan bertanya jawab tentang tema hari ini (pengenalan peralatan yang digunakan untuk membatik, misalnya : canting,malam dll) · Guru menyampaikan langkah-langkah pelaksanaan kegiatan hari ini Semua dilakukan melalui google form. |
Pijakan saat main (100 menit) | · Menonton vidio pembelajaran (cara membatik dan langkah pelaksanaan pembelajaran) yang dikirim oleh guru · Mewarna tisu dengan teknik membatik jumputan (50 menit) · Menempelkan tisu yang sudah diwarna dan sudah kering pada selembar kertas lalu menutup tisu tersebut dengan selembar kertas yang berbentuk baju (10 menit) · Menyebutkan warna yang ada pada tisu ( 10 menit) · Mengelompokkan klip sesuai dengan warnanya (15 menit) · Menempel huruf “m”, “h”, dan “b” pada tisu sesuai dengan letak warnanya, misal : huruf “m” ditempel pada bagian tisu yang berwarna merah dan seterusnya. ( 10 menit) · Melompat dengan dua kaki ke samping kanan (5 menit) |
Pijakan setelah main (40 menit) | · Guru kembali menyapa anak pada sore hari melalui aplikasi VICON atau melalui WA berdiskusi tentang kegiatan hari ini, kegiatan apa yang paling anak suka dan mengapa anak suka · Mengucapkan bacaan hamdalah bersama-sama · Berdoa dan salam penutup · Orang tua mengirim vidio proses pembelajaran anak selama satu hari |
Rencana Penilaian : observasi, unjuk kerja, hasil karya.
Teknik Penilaian : catatan hasil karya, skala capaian perkembangan (rating scale / ceklist) Instrumen penilaian : pedoman observasi, pedoman wawancara, rubrik penilaian
Mengetahui Guru Kelas
Pengelola KB MENTARI
YULIANTI KARYANINGRUM, S.Pd DIAN LESTARI, S.Pd
Keterangan :
Science : mengenal cara membatik dan peralatan yang digunakan untuk membatik
Technology : anak mengamati vidio pembelajaran yang dikirim oleh guru, anak mendengarkan guru menjelaskan kegiatan pada aplikasi zoom,Google Foarm, Vicon atau WA
Engineering : anak mengumpulkan informasi terkait cara membatik dan peralatan yang digunakan Art : membuat karya bentuk baju batik dengan membatik jumputan menggunakan tisu Mathematics : mengelompokkan benda (klip) sesuai warna
INSTRUMEN PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK
Pedoman Observasi
NO | INDIKATOR | PENILAIAN | |||
BB | MB | BSH | BSB | ||
1 | Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan |
|
| ü |
|
2 | Senang menjalankan kegiatan yang menjadi tugasnya. |
|
|
|
|
3 | Melakukan berbagai kegiatan motorik kasar dengan seimbang dan lincah |
|
|
|
|
4 | Melakukan berbagai kegiatan motorik halus dengan baik |
|
|
|
|
5 | Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna melalui kegiatan mengelompokkan |
|
|
|
|
6 | Menyebutkan lambang-lambang huruf sesuai suara / bunyi. |
|
|
|
|
7 | Menampilkan karya seni sederhana di depan anak atau orang lain |
|
|
|
|
Pedoman Wawancara
NO | INDIKATOR | MATERI WAWANCARA | PENILAIAN | |||
BB | MB | BSH | BSB | |||
1 | Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna melalui kegiatan mengelompokkan |
Menanyakan macam-macam warna pada tisu yang telah dibatik anak |
|
|
|
|
2 | Menyebutkan lambang-lambang huruf sesuai suara / bunyi. | Menanyakan lambang huruf konsonan (m,b, dan k) |
|
|
|
|
Rubrik Penilaian
NO | INDIKATOR | PENILAIAN | |||
BB | MB | BSH | BSB | ||
1 | Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan | Anak belum mampu mengucapkan kalimat hamdalah | Anak mampu mengucapkan kalimat hamdalah dengan sedikit bantuan | anak mampu mengucapkan kalimat hamdalah tanpa bantuan | Anak mampu mengucapakan bacaan hamdalah dengan lancar dan tanpa bantuan |
2 | Senang menjalankan kegiatan yang menjadi tugasnya | Anak hanya mau menyelesaikan satu macam kegiatan | Anak hanya mau menyelesaikan dua macam kegiatan | Anak mau menyelesaikan lebih dari tiga macam kegiatan | Anak mau menyelesaikan semua kegiatan |
3 |
Melakukan berbagai kegiatan motorik kasar dengan seimbang dan lincah |
Anak belum mampu melompat menggunakan 2 kaki ke samping kanan | Anak mampu melompat menggunakan 2 kaki ke samping kanan namun kurang lincah dan seimbang | Anak mampu melompat menggunakan 2 kaki ke samping kanan dengan baik | Anak mampu melompat menggunakan 2 kaki ke samping kanan dengan sangat baik |
4 |
Melakukan berbagai kegiatan motorik halus dengan baik | Anak memerlukan bantuan penuh dalam memegang dan menggunakan kuas | Anak memerlukan sedikit bantuan dalam memegang dan menggunakan kuas | Anak mampu memegang dan menggunakan kuas dengan mandiri / tanpa bantuan | Anak mampu memegang dan menggunakan kuas dengan baik dan mandiri / tanpa bantuan |
5 | Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna melalui kegiatan mengelompokkan | Anak masih memerlukan bantuan penuh dalam mengelompokkan klip sesuai warnanya | Anak memerlukan sedikit bantuan dalam mengelompokkan klip sesuai warnanya |
Anak mampu mengelompokkan klip sesuai warnanya dengan mandiri | Anak mampu mengelompokkan klip sesuai warnanya dengan tepat dan mandiri tanpa bantuan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar